Pulse treatment adalah treatment yang dilakukan terhadap bunga dengan cara merendam ujung batang dengan larutan pengawet yang mengandung nutrisi dan germisida. Treatment dilakukan agar umur simpan lebih panjang guna mengantisipasi supply demand yang fluktuatif. Pada penelitian kali ini, pulse treatment dilakukan pada bunga mawar potong. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi pasar mengenai mawar potong, melakukan uji performansi teknis, finansial, dan uji preferensi konsumen terhadap pulse treatment untuk mawar potong, dan membuat produk pulsing yang layak secara teknis, finansial, dan diterima oleh pasar. Hasil akhir yang ditekankan adalah komersialisasi produk pulsing ke pasar.
Hasil identifikasi kebutuhan pasar adalah kesegaran sebagai parameter terpenting untuk mawar potong. Alternatif pulse treatment yang diuji adalah P1 (5% sukrosa+20 mg/l AgNO3), P2 (150 mg/l AgNO3), P3 (1,2% sukrosa+0,2 mM STS), P4 (5% sukrosa+20 mg/l AgNO3+320 mg/l asam sitrat), P5 (1,2% sukrosa+ 0,2 mM STS+ air hangat (400C)), P6 (5% sukrosa+20 mg/l AgNO3+320 mg/l asam sitrat+air hangat (400C)). Berdasarkan parameter kadar air, tekstur batang, dan warna mahkota, alternatif terpilih adalah P1 dengan umur simpan 8 hari.
Tahap selanjutnya adalah pengujian preferensi konsumen terhadap alternatif pulse treatment P1-P6 berdasarkan kriteria kesegaran, umur simpan, dan warna mahkota. Alternatif terpilih adalah P1 dengan bobot prioritas 0,3736 dan kriteria terpenting adalah kesegaran. Performansi finansial dilakukan dengan cara menghitung biaya tiap pulse treatment dan membandingkan dengan hasil yang diperoleh. Alternatif terpilih adalah P1 dengan biaya Rp 800,00 mampu menghasilkan umur simpan 8 hari. Berdasarkan hasil uji laboratorium, preferensi konsumen, dan performansi finansial maka produk pulsing yang dibuat adalah P1 dengan bentuk produk serbuk dan larutan. Pasar lebih memilih pulsing powder (bentuk serbuk) daripada pulsing solution (bentuk larutan) karena dengan harga Rp 1.800,00 per liter air yang digunakan mampu memberikan umur simpan 8 hari, tidak berbeda hasilnya dengan pulsing solution dengan harga Rp 12.800,00.

CAPTCHA Image
*